Dermatitis Atopik ( Ekzema Atopik )

DERMATITIS - Dermatitis atopik adalah peradangan kulit yang timbul pada individu dengan riwayat hidup atopi pada dirinya sendiri ataupun keluarganya, yaitu adanya kepekaan dalam keluarganya asma bronkial, rinitis alergi, dan konjungtivitis terhadap serbuk-serbuk tanaman.

Dermatitis Atopik ( Ekzema Atopik )

Sebenarnya penyebab yang pasti belum diketahui tetapi faktor keturunan merupakan dasar pertama timbulnya penyakit. Penyakit ini biasanya terjadi di daerah panas dan lembap. Keadaan lingkungan dan keturunan juga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit ini.

Penyakit disertai beberapa gejala. Penyebab utama penyakit ini adalah faktor keturunan yang oleh faktor luar menimbulkan kelainan kulit. Pada awalnya muncul ruam kulit, tonjolan-tonjolan padat, gelembung-gelembung berisi cairan sampai terjadi kerusakan kulit. Penderita tampak gelisah, gatal, dan sakit berat. Pada bayi, dermatitis atopik ditemukan di pipi, kepal, badan, lipat siku, lipat lutut ataupun punggung kaki. Semua kelainan tampak simetris.

Pengobatan dapat dilakukan secara sistemik ataupun topikal. Pengobatan secara sistemik dapat dilakukan dengan memberikan obat-obat sebagai berikut :


  • Antihistamin golongan H, untuk mengurangi gatal dan sebagai penenang.
  • Kortikosteroid jika gejala klinis berat dan sering mengalami kekambuhan.
  • Jika ada infeksi sekunder di beri antibiotik seperti eritromisin dan tetrasiklin.

Pengobatan secara topikal dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pada bayi diberikan kortikosteroid ringan dengan efek samping yang minimal, misalnya krim hidrokortison 1-1,5%.
  • Pada anak dan dewasa dengan likenifikas dapat diberi kortikosteroid kuat seperti betametason dipropionat 0,05% atau desoksimetason 0,25%. Untuk efek yang lebih kuat, dapat dikombinasi dengan asam salisilat 1% dalam salep.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel