Tinea Kapitis & Pengobatannya

- June 25, 2013
Tinea Kapitis adalah infeksi jamur superfisial yang menyerang pada kulit kepala dan rambut.Penyakit ini disebabkan oleh spesies jamur golongan Dermatofita, terutama T.Tubrum, T.Mentagrophytes, dan M.gypseum.

Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak yang dapat ditularkan dari binatang peliharaan, misalnya kucing dan anjing.Selain itu, lingkungan kotor dan panas serta udara yang lembab ikut berperan dalam penularan penyakit ini.

Jamur dapat masuk ke dalam kulit kepala atau rambut, selanjutnya berkembang membentuk kelainan di kulit kepala.Gejala dari penyakit ini yaitu adanya keluhan penderita berupa bercak dikulit kepala yang terasa gatal dan sering disertai rontoknya rambut di tempat tersebut.Jadi setiap bentuk tinea kapitis memiliki gejala sendiri.

Gray Patch Ringworm

Merupakan tinea kapitis yang biasanya disebabkan oleh genus Microsporum dan banyak ditemukan pada anak-anak.Penyakit ini biasanya dimulai dengan timbulnya papula merah kecil disekitar folikel rambut.Papula adalah penonjolan padat di atas permukaan kulit, berbatas tegas, dan berukuran kurang dari 1 cm.Papula ini kemudian melebar dan membentuk bercak pucat karena adanya sisik.Pada keadaan ini penderita mengeluh gatal, warna rambut menjadi abu-abu, dan tidak mengkilat lagi.Rambut menjadi mudah patah dan mudah terlepas dari akarnya.

Kerion

Merupakan tinea kapitis yang disertai reaksi peradangan yang hebat.Terjadi pembengkakan meyerupai sarang lebah dengan serbuk-serbuk sel radang di sekitarnya.Kelainan ini menimbulkan jaringan parut yang menetap.

Black Dot Ringworm

Merupakan tinea kapitis yang disertai dengan terbentuknya titik-titik hitam pada kulit kepala akibat patahnya rambut yang terinfeksi tepat di muara folikel.Ujung rambut yang patah dan penuh spora terlihat sebagai titik hitam.Biasanya disebabkan oleh genus Trichophyton.

Bagaimana mengobati Tinea kapitis ?

Pengobatan pada anak biasanya diberikan peroral dengan griseofulvin 10-25 mg/kg berat badan perhari selama 6 minggu.Dosis pada dewasa sebesar 500 mg per hari selama 6 minggu.Selain itu, pengobatan dapat dilakukan dengan mencuci kepala dan rambut dengan sampo desinifektan antimikotik seperti larutan asam salisilat, asam benzoat, dan sulfur presipitatum.Obat-obat derivat imidazol 1-2% dalam krim atau larutan dapat menyembuhkan, demikian pula ketokonazol krim atau larutan 2%.

Bagaimana Cara Mencegah Tinea kapitis ?

Pencegahan dari penyakit ini dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.Rajin mencuci rambut dengan sampo untuk menjaga kebersihan kulit kepala.Apabila punya hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, rawatlah dengan baik.Jagalah kebersihan hewan peliharaan tersebut dengan memandikannya secara teratur.