Apa Itu Veruka Plana ?

Veruka plana merupakan sejenis kutil yang berwarna seperti kulit atau kecokelatan, lunak, berbentuk tonjolan-tonjolan padat yang permukaannya datar berdiameter 1-3 cm. Veruka plana disebabkan oleh human papilloma virus yang tergolong virus kecil, dan berinti DNA
Gambar : Veruka Plana
Apa Itu Veruka Plana ? - Veruka plana merupakan sejenis kutil yang berwarna seperti kulit atau kecokelatan, lunak, berbentuk tonjolan-tonjolan padat yang permukaannya datar berdiameter 1-3 cm. Veruka plana disebabkan oleh human papilloma virus yang tergolong virus kecil, dan berinti DNA. Penyakit ini banyak ditemukan pada anak-anak atau usia muda, walaupun dapat juga pada usia tua. Ada yang mengatakan penyakit ini dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Kutil pada veruka plana umumnya berjumlah banyak. Biasanya berkumpul pada wajah, leher, punggung tangan, pergelangan tangan dan kaki, serta lutut. Permukaannya licin dan rata, berwarna sama dengan warna kulit atau kecokelatan.

Bagaimana Pengobatan Veruka Plana ?

Pengobatan dapat dilakukan dengan mengoleskan nitrogen cair selama 5-15 detik. dapat pula dilakukan bedah listrik. Selain itu dapat diaplikasikan krim asam vitamin A 0,1%.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel