Mengenal Penyakit Kutil ( Veruka Vulgaris )

Veruka vulgaris ( kutil ) merupakan jenis penyakit kulit berupa tonjolan kecil di permukaan kulit yang disebabkan oleh human papilloma virus
Sumber : www.orlandoskindoc.com
Veruka vulgaris ( kutil ) merupakan jenis penyakit kulit berupa tonjolan kecil di permukaan kulit yang disebabkan oleh human papilloma virus. Virus ini tergolong berukuran kecil ( 40-45u ), dan berinti DNA. Veruka Vulgaris lebih sering ditemui pada anak-anak tetapi dapat juga terjadi pada orang dewasa dan orang tua.

Pada anak, timbul tonjolan kecil dan akan cepat meluas karena garukan atau autoinokulasi. sementara itu, pada orang dewasa, tonjolan ini jarang didapatkan dalam jumlah banyak. Pada keadaan awal, ukurannya biasanya hanya sebesar pentol jarum dengan permukaan halus dan mengkilat. Dalam waktu beberapa minggu atau bulan kian membesar dan permukaannya menjadi kasar, berwarna abu-abu. Kecokelatan, atau kehitaman. Kadang-kadang beberapa tonjolan bergabung satu sama lain membentuk berbenjol-benjol atau kasar.

Bagaimana Mengobati Kutil ( Veruka Vulgaris ) ?

Pengobatan dapat dilakukan dengan tindakan bedah krio ( Cyrosurgery ) dengan nitrogen cair. Selain itu bisa diberi asam triklorasetat 50-80%, asam salisilat 20% atau asam laktat 10%.

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, terutama kulit. Apabila sudah terkena penyakit ini, sebaiknya segera diatasi untuk mencegah penyebarannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel