Herpes Zoster dan Cara Pengobatan

Herpes zoster merupakan radang kulit akut yang menyerang kulit dan mukosa. Kelainan ini merupakan reaktifasi virus yang terjadi setelah infeksi primer dan virus Varicella Zoster Virus ( VZV ). Bentuk kelainan ini mempunyai sifat khas yaitu timbulnya gelembung-gelembung berisi cairan yang tersusun secara berkelompok sepanjang persarafan sensorik kulit. Pada umumnya sering terjadi pada orang dewasa. Pada orang usia diatas 50 tahun sering terjadi keadaan yang berat atau bentuk-bentuk khusus herpes zoster optalmikus, sindroma Ramsay Hunt, dan neuralgia pasca herpetika.

Gejala awalnya timbul rasa nyeri selama beberapa hari sebelum atau bersama-sama dengan timbulnya kelainan kulit. Adakalanya sebelum ada kelainan kulit didahului oleh demam. Kelainan kulit ini mula-mula berupa ruam kulit, selanjutnya ruam kulit berkembang menjadi tonjolan-tonjolan padat dan gelembung-gelembung berisi cairan. Gelembung-gelembung ini dengan cepat membesar dan menyatu. Gelembung ini mula-mula berwarna jernih, setelah beberapa hari menjadi keruh dan dapat pula bercampur darah. Apabila pecah, gelembung-gelembung ini akan membentuk lapisan cairan yang mengering di permukaan kulit. Penyakit herpes zoster dapat menyerang di seluruh bagian tubuh namun sifatnya unilateral dan dermatomal sesuai persarafan.

Bagaimana Pengobatan Herpes Zoster ?

Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk mengurangi rasa nyeri dapat diberikan analgetika. Sebaiknya, diusahakan gelembung-gelembung tidak pecah dan untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan dapat diberikan salisil talk 2% atau calamin.

Bila gelembung pecah atau basah dapat diberikan kompres larutan antiseptik. Apabila terjadi infeksi sekunder dapat diberikan krim antibiotik lokal.

Apa saja langkah pencegahan Herpes Zoster ?

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan beberapa cara :
  • Kenali lebih dekat tentang penyakit ini.
  • Menjaga kondisi fisik dan menghindari stres psikis.
  • Menjaga mutu gizi dan kondisi badan dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel