Kandidiasis & Pengobatannya

Kandidiasis merupakan suatu penyakit kulit akut atau subakut yang disebabkan oleh jamur intermediat yang menyerang kulit, subkutan, kuku, selaput lendir, dan alat-alat dalam.


Penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang dapat ditularkan  secara langsung atau tidak langsung.Kandidiasis dapat menyerang siapapun, terutama mereka yang tinggal di daerah tropis dengan kelembaban tinggi.Penyakit ini biasanya lebih banyak terjadi pada musim hujan.

Kandidiasis dapat menyerang kuku, kulit, mulut, dan vagina dengan gejala yang berbeda-beda.Kandidiasis yang menyerang kulit dapat menimbulkan gejala, seperti rasa gatal yang hebat disertai panas seperti terbakar dan terkadang nyeri jika ada infeksi sekunder.

Kandidiasis yang menyerang kuku menimbulkan sedikit rasa gatal dan nyeri jika ada infeksi sekunder.Kuku berwarna hitam kecoklatan, menebal, dan tidak bercahaya, biasanya menyerang mulai dari pangkal kuku.Disekitar pangkal kuku terdapat gelembung-gelembung berisi cairan dan kulit menjadi bersisik.Kandidiasis yang menyerang daerah mulut ditandai dengan adanya bercak-bercak putih, seperti membran pada mukosa mulut dan lidah.Kandidiasis yang menyerang vagina menimbulkan gejala-gejala seperti bercak-bercak putih diatas mukosa, mulai dari leher rahim sampai vagina.Selain itu, adanya cairan putih kekuningan yang disertai dengan semacam butiran tepung, kadang-kadang seperti susu pecah.Keluhan biasanya berupa rasa gatal.

Pengobatannya dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan berdasarkan pada bagian-bagian tubuh yang terkena penyakit ini.Pengobatan kandidiasis kuli dan kandidiasis mulut ( selaput lendir ) yang lokal dapat dibuat dengan memberikan obat antijamur topikal.

Pengobatan kandidiasis oral berupa lozenges atau oral gel yang mengandung nistatin, amfoterisin B, atau mikonazol.Pemberian obat 2-3 kali sehari selama 5-7 hari memberikan hasil yang baik.Pengobatan kandidiasis vagina mempunyai banyak sekali bentuk pengobatan yang efektif.

Obat yang biasanya dipakai untuk terapi kandidiasis vagina adalah preparat khsusus intravaginal yang mengandung imidazol selama 1-5 hari.Terapi oral juga 1-5 hari, ketokonazol 400 mg selama 5 hari, intrakonazol 2 kali 200 mg sehari dan flukonazol 150 mg sekali.efektivitas pengobatan dengan obat-obat tersebut diatas 80%.

Pencegahan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.Penyakit kandidiasis juga dapat disebabkan oleh pemakaian antibiotik.Oleh karena itu, berhati-hatilah saat memakai antibiotik.Selain itu, hindari obesitas dan hindari bekerja pada tempat-tempat lembab atau banyak air.

0 Response to "Kandidiasis & Pengobatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel