Apa Itu Kondiloma Akuminata ?

Apa Itu Kondiloma Akuminata ?
Kondiloma Akuminata adalah kelainan kulit berbentuk vegetasi bertangkai dengan permukaan berjonjot dan disebabkan oleh human papilloma virus. Penyakit ini disebabkan oleh virus golongan papova. Penyakit ini hanya menyerang orang d*wa*a. Penularannya melalui kontak kulit langsung atau hubungan badan. Sehingga digolongkan juga kedalam PMS ( penyakit menular seksual ). Kurangnya kebersihan dan lingkungan yang lembap serta basah dapat mempermudah terjangkitnya penyakit ini.

Pada awalnya tampak adanya tonjolan-tonjolan runcing atau datar yang berjumlah banyak. Selanjutnya, tonjolan-tonjolan itu akan semakin membesar dan tampak vegetasi bertangkai dan berwarna kemerahan. Permukaannya tidak rata tetapi berjonjot-jonjot. Penyakit ini biasanya di temukan didaerah lipatan tubuh yang lembab seperti didaerah organ genital laki-laki maupun wanita.

Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan obat-obat sebagai berikut
  1. Pengolesan daerah yang terkena Kondiloma Akuminata dengan tingtura podofolin 20%, 1-2 minggu.
  2. Salep 5 fluororasil 5%.
  3. Bedah listrik ( elektrokauterisasi )
  4. Bedah skapel ( eksisi )
  5. Bedah beku dengan nitrogen cair
  6. Pada yang dkhitan dapat dilakukan eksisi dan khitan.
Pencegahan dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Selain itu, jagalah agar tubuh tidak selalu berkeringat atau dalam keadaan lembap. Bagi pria sebaiknya dilakukan khitan sejak kecil. Sebaiknya tidak melakukan kontak s*ksual dengan penderita karena dapat tertular penyakit ini. Pencegahan pada pasangan s*ksual juga harus dilakukan. Pada penderita wanita dilakukan pemeriksaan pap’s smear.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel