Kenali Lebih Dekat Penyakit Cacar Air ( Varisella )

Kenali Lebih Dekat Penyakit Cacar Air
Varisella merupakan penyakit infeksi akut pada kulit dan selaput lendir. Penyakit yang cepat menular ini disebabkan oleh virus varicella zoster, dan terutama menyerang anak-anak. Jika menyerang orang d*w*sa biasanya timbul gejala yang lebih berat dibandingkan pada anak-anak. Penularan penyakit ini paling sering terjadi pada orang-orang di lingkungan penderita atau yang sering kontak langsung dengan penderita.

Penyakit ini disertai oleh beberapa gejala. Masa inkubasi 11-21 hari ( rata-rata 14 hari ), disusul oleh gejala-gejala seperti demam, mual, sakit kepala, sakit punggung, dan kadang-kadang disertai batuk kering. Selanjutnya, pada kulit timbul tonjolan-tonjolan kemerahan yang kemudian menjadi gelembung-gelembung berisi cairan. Gelembung-gelembung baru tetap terbentu, sedangkan gelembung-gelembung yang terdahulu pecah dan mengering di permukaan kulit. Gelembung-gelembung yang ditimbulkannya biasanya dilapisi oleh selaput tipis. Bentuknya bulat/lonjong menyerupai setetes air sehingga disebut teardrop vesicle. Varisela pada anak biasany menyerang badan dan sedikit pada wajah, tangan, dan kaki.

Bagaimana Pengobatan Varisella ?

Pengobatan varisela tidak ada yang spesifik karena penyebabnya adalah infeksi virus. Untuk gejala panas dapat diberikan penurun panas ( antipiretika ) selain salisilat. Untuk antihistamin oral diberikan bila timbul rasa gatal. Pengobatan topikal dapat diberikan bedak basah atau bedak kering yangmengandung salisil 2%. Apabila terjadi infeksi sekunder diberikan krem atau tablet antibiotika sesuai anjuran. Satu hal terpenting untuk pengobatan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus adalah istirahat yang cukup dan adekuat.

Apa langkah Pencegahan Varisella ?

Langkah pencegahan terhadap penyakit kulit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Menghindari kontak langsung dengan penderita dapat mencegah penularan karena penyakit ini sangatlah mudah menular. Selain itu, jagalah stamina tubuh karena stamina tubuh atau daya tahan yang lemah dapat dengan mudah tertular penyakit ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel