Resep Alami Untuk Sembuhkan Eksim Pada Kulit

Resep Alami Untuk Sembuhkan Eksim Pada Kulit - Eksim merupakan istilah umum untuk salah satu jenis penyakit kulit. Ada eksim yang disebabkan oleh alergi kulit karena kontak dengan zat kimia tertentu, sinar matahari, ada juga sebagai akibat tekanan psikis, dan sebagainya. Eksim dapat di bagi menjadi dua bentuk, yakni eksim kering dan eksim basah. Eksim kering ( neurodermatitis ) adalah jenis penebalan kulit yang diikuti relief yang nyata, sedangkan eksim basah ( dermatitis numularis ) di tandai dengan bercak bersisik, berbentuk bulat, berbintil-bintil yang ada airnya dan sangat gatal, dan biasanya terjadi pada bagian punggung dan dada.

Gejala khas yang dirasakan penderitanya adalah gatal. Terkadang rasa gatal muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan umumnya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan bagian lain juga muncul gejala yang sama.

Tanaman herbal yang efektif untuk mengobati eksim pada kulit antara lain adalah daun sirih merah yang diramu bersama tanaman obat lainnya seperti rimpang remu mangga. Kandung kimia yang terdapat dalam daun sirih merah diantaranya senyawa fitokimia seperti alkaloid, saponin, tannin dan flavonoid. Kandungan lainnya yang terdapat di dalam daun sirih merah antara lain adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Berikut ini racikan ramuan herbal untuk membantu menyembuhkan penyakit eksim.

Bahan

  • 6 lembar daun sirih merah
  • 5 jari rimpang remu mangga.
  • 400 cc air.

 

Cara Meracik Ramuan :

  1. Cuci bersih, lalu potong-potong tipis seluruh bahan.
  2. Rebus bahan dengan 800 cc air hingga tersisa 200 cc air.
  3. Sajikan ramuan ini dalam 2 gelas untuk 2 kali minum.
  4. Minum resep ini 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel