Tinea Korporis - Infeksi Jamur Golongan Dermatofita

Tinea korporis merupakan penyakit kulit yang juga disebabkan oleh jamur superfisial golongan dermatofita,o yang biasanya terdapat pada kulit halus.Penyakit ini disebabkan jamur dermatofita, umumnya berupa jamur Epidermophytonang floccosum atau T.rubrum.Penyakit kulit ini dapat menyerang semua golongan umur, tetapi lebih sering pada orang dewasa.Penyakit kulit ini sering dijumpai pada orang-orang yang kurang menjaga kebersihan lingkungan.

Tinea Korporis

Gejala yang biasanya ditimbulkan oleh penyakit ini berupa rasa gatal terutama pada saat berkeringat.timbulnya ruam kulit yang semakin meluas terutama dibagian kulit yang lembab.Tinea korporis biasanya menyerang daerah kulit tidak berambut misalnya, pada wajah, badan, lengan dan tungkai.

Bagaimana mengobati tinea korporis ?

Pengobatan sistemik dapat dilakukan dengan memberikan obat-obat sebagai berikut
  • Antihistamin
  • Griseovulvin, anak-anak 15-20 mg/kg BB/hari, sedangkan dewasa 500-1.000 mg per hari.
  • Itrakonazol 100 mg/hari selama 2 minggu.
  • Ketokonazol 200 mg/hari selama 3 minggu.
Sementara it u, pengobatan topikal dapat dilakukan dengan memebri salep whitfield.Dapat juga diberikan tolnaftat, tolsiklat, haloprogin, siklopiroksolamin, derivat azol, dan naftifin HCL.

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara selalu menjaga kebersihan baik perseorangan maupun lingkungan sekitar.Mandi dengan menggunakan sabun dapat mencegah penyebaran dan penularan penyakit ini.Selain itu, hindarilah mengenakan pakaian yang tidak dapat menyerap keringat.

0 Response to "Tinea Korporis - Infeksi Jamur Golongan Dermatofita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel