Tinea Imbrikata dan Penanganannya

Tinea Imbrakata merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita yang memberikan gambaran khas berupa kulit bersisik dengan sisik yang melingkar-lingkar dan terasa gatal.Penyakit ini disebabkan oleh jamur Trichopyhton concentricum.penyakit ini biasanya di derita oleh masayarakat yang hidup di daerah beriklim tropis.Kurangnya menjaga kebersihan juga mempermudah infeksi T.concentricum.

Tinea Imbrikata
Penyakit ini dapat menyerang semua umur.Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adanya lingkaran-lingkaran bersisik kasar di permukaan kulit.Lingkaran ini tampak seperti libkaran bermata satu ( poliksiklik ).Sisik-sisik melingkar yang satu menutup yang lain seperti lapisan genting dan disertai dengan rasa yang sangat gatal.Penyakit ini dapat menyerang seluruh permukaan kulit halus sehingga sering digolongkan dalam tinea korporis.

Cara Pengobatan Tinea Imbrikatus

Pengobatan sistemik pada penyakit ini dapat dilakukan dengan memberi Griseofulvin dengan dosis 500 mg sehari selama 4 minggu.Namun masih sering kambuh setelah pengobatan sehingga memerlukan pengobatan ulang lebih lama.

Obat sistemik yang lain yaitu ketokonazol 200 mg sehari, itrakonazol 100 mg sehari, dan terbinafin 250 mg sehari selama 4 minggu.

Pengobatan topikal tidak begitu efektif karena daerah yang terserang luas.Pengobatan topikal dapat dilakukan dengan memberikan salep whitfield, castellani,s paint, atau campuran salisilat 5% dan sulfur presipitatum 5% serta obat-obat antimikotik golongan imidazol mempunyai khasiat yang baik.

Cara Pencegahan

Pencegahan ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan badan serta lingkungan.Keadaan yang lembab dan panas dapat mempengaruhi penyebaran penyakit ini.Oleh karena itu, hindari mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat.Selain itu, mandilah secara teratur menggunakan sabun antiseptik.

0 Response to "Tinea Imbrikata dan Penanganannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel