11 Cara Alami Memutihkan Wajah Permanen

- July 10, 2017
Mendapatka kulit yang cerah dan berseri adalah hal yang di damba-dambakan setiap orang, terlebih lagi bagi kaum hawa. Kulit wajah yang cerah dan berseri-seri merupakan cerminan adanya perawatan yang baik. Jika Anda mau, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar wajah menjadi putih, cerah dan berseri, sebut saja dengan metode alami tradisional yang tergolong murah dan mudah hingga menggunakan produk-produk kecantikan misalnya dengan krim pemutih dan sebagainya.
Menggunakan krim pemutih wajah atau kulit boleh saja di lakukan, namun perlu pertimbangan dan pastikan terlebih dahulu bahwa produk krim pemutih tersebut benar-benar aman dan tidak akan merusak kulit Anda, caranya bagaimana? Coba perhatikan dan pastikan bahwa produk tersebut telah lolos uji klinik dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), karena dengan adanya lisensi resmi yang di keluarkan dari BPOM ini berarti produk tersebut aman digunakan.



Second line, Anda juga bisa memilih perawatan kecantikan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih murah dan aman digunakan, juga sangat minim efek samping, hanya saja menggunakan produk alami biasanya memerlukan waktu yang lebih lama, sehingga Anda harus lebih sabar mengaplikasikannya agar mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan harapan Anda untuk mendapatkan kulit putih, cerah dan berseri yang bersifat permanen.

Nah, Jika Anda tertarik menggunakan cara alami untuk memutihkan wajah secara permanen, berikut ini ada 15 cara yang bisa di praktekkan, silahkan pilih mana yang lebih cocok dengan Anda.

1. Memutihkan Wajah dengan Kulit Jeruk
Kandungan Vitamin C pda kulit jeruk ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya, luar biasa ya ! Vitamin C adalah antioksidan yang sangat baik dan memiliki peran penting dalam proses regenerasi sel dan memperbaik kesusakan sel kulit olah zat radikal bebas. Dan tahukah Anda bahwa vitamin C pada jeruk termasuk agen bleaching alami yang efektif merawat kulit kusam akibat paparan sinar matahari.

Cara Menggunakan Aplikasi dari Kulit Jeruk untuk Pemutih Wajah
  1. Keringkan kulit jeruk terlebih dahulu di bawah sinar matahari, lakukan dalam beberapa hari, dan pastikan kulit jeruk benar-benar kering (kadar air 0%)
  2. Tumbuk atau haluskan kulit jeruk yang sudah kering hingga menjadi bubuk halus
  3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk, lalu aduk hingga membentuk pasta
  4. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  5. Bila menggunakan air hangat
  6. Lakukan perawatan dengan aplikasi ini setidaknya du kali seminggu

2. Memutihkan Kulit Wajah dengan Lidah Buaya
Aloesin merupakan salah satu zat yang di kandung tanaman lidah buaya dan memiliki kesitimewaan menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit menjadi berwarna gelap, karena khasiat inilah menyebabkan banyak produk-produk kecantikan kulit mengandung lidah buaya, luar biasa bukan?

Cara Penggunaan Lidah Buaya Untuk Memutihkan Kulit Wajah
  1. Kupas kulit lidah buaya yang masih segar, lalu pisahkan gelnya
  2. Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah Anda
  3. Diamkan dan biarkan meresap selama 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih’
  5. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan ini 2 kali sehari selama 1 bulan perawatan.

3. Memutihkan Kulit Wajah dengan Lemon
Lemon atau Jeruk Lemon memiliki aroma menyegarkan dan banyak disukai orang. Kandungan alpha hidroksi dan Vitamin C di dalamnya adalah agen penangkal radikal bebas yang ampuh dan mencegah kulit menjadi kusam. Sejak lama, lemon juga cukup dikenal sebagai agen bleaching yang alami yang bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kulit kusam akibat paparan sinar matahari. Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih berseri dengan media lemon, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Peraslah air lemon pada wadah yang bersih
  2. Celupkan kapas pada air perasan lemon yang sudah tersedia
  3. Oleskan kapas tadi yang sebelumnya telah di basahi pada wajah
  4. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  5. Bilas menggunakan air yang masih hangat
  6. Jangan mengoleskan lemon pada kulit yang luka atau iritasi
4. Memutihkan Kulit Wajah dengan Yogurt
Tentu sudah tidak dapat dipungkiri jika Yogurt merupakan salahs atu bahan alami yang memiliki manfaat istimewa dalam hal merawat sekaligus mencerahkan kulit wajah, setuju? Dengan kandungan Vitamin B5-nya sangat bermanfaat untuk menyamarkan bintik-bintik hitam bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah secara alami dan permanen. Ditambah lagi dengan kandungan asam laktat plus kalsium akan mempertahankan kulit wajah sekaligus menjaganya agar selalu sehat setiap saat. baca juga : Laser Erbium dan ITED Teknologi Terbaru Untuk Acne Scars

Cara membuat Aplikasi Yogurt Untuk Pemutih Wajah
  1. Tuangkan kurang lebih 1 sdm yogurt ke dalam wadah
  2. Jangan lupa tambahkan sedikit madu dan susu
  3. Kemudian, aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan keseluruh permukaan kulit wajah Anda
  4. Biarkan aplikasi meresap selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat
5. Memutihkan Wajah dengan Pepaya
Pepaya atau kates adalah buah yang kaya akan enzim papain yang sangat baik untuk regenerasi kulit. Sedangkan Vitamin yang terkandung dalam buah pepaya diantaranya Vitamin C, A, dan E adalah antioksidan yang berperan untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Pepaya merupakan sunblock alami yang akan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang sering menyebabkan pigmentasi pada kulit. Pepaya dapat dikomsumsi langsung atau dibuat menjadi aplikasi masker pemutih dan pencerah wajah dengan cara seperti berikut ini:
  1. Bersihkan pepaya dan dipotong menjadi beberapa bagian kecil
  2. Selanjutnya buah pepaya yang telah dipotong dihaluskan, dan gunakans ebagai masker wajah
  3. Diamkan kurang lebih 15 menit sebelum di bilas dengan air hangat
  4. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
6. Memutihkan Kulit Wajah dengan Madu Murni
Dalam dunia kecantikan madu dikenal sebagai antibiotik dan pelembab kulit alami yang juga mampu memberikan efek mencerahkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati, manfaat lain dari madu yaitu menghilangkan bekas jerawat dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Berikut cara penggunaannya:
  1. Gunakan kurang lebih 1 sdm madu asli
  2. Oleskan pada seluruh permukaan wajah dan didiamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  3. Lakukan perawatan kulit dengan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.
7. Memutihkan Wajah dengan Buah Ketimun
Timun sudah dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, ini berkat kandungan Vitamin plus Mineral yang dipercaya mampu mengatasi kulit kusam, bahkan lebih dari itu, ternyata ketimun juga dapat mencegah pigmentasi kulit, menghilangkan noda bekas jerawat dan lingkar hitam di sekitar wajah, luar biasa ya? Berikut cara pamakaian yang baik dan benar:
  1. Iris ketimun dan letakkan irisan tersebut langsung pada wajah
  2. Diamkan hingga beberapa menit
  3. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan
  4. Anda juga bisa membuat ketimun menjadi masker pencerah kulit wajah dengan cara di parut dan dicampur dengan sedikit madu, selanjuntnya digunakan seperti masker pada umumnya, biarkan selama sebelum dibilas dengan air hangat dan dikeringkan.

8. Memutihkan Wajah dengan Cuka Apel
Anda cukup familiar dengan cuka apel? Cuka apel memiliki aroma asam yang sangat kuat dan menyengat, sehingga banyak orang dengan aroma cuka ini. Namun, tahukah Anda bahwa zat atau cuka yang terkadnung dalam apel efektif dalam proses regenerasi kulit yang baru dan mengikis, membersihkan sisa-sisa sel kulit mati. Cuka apel juga bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih, dan peradangan pada kulit. Untuk memberikan efek sebagai pencerah kulit, dengan cara menggunakan toner yang terbuat dari cuka apel, berikut cara membuatnya:
  1. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 5 ml cuka apel : 95 ml air
  2. Celupkan kapas pada larutan tersebut
  3. Oleskan pada wajah secara merata, biarkan kurang lebih 10 menit
  4. Jangan lupa bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih
  5. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
9. Memutihkan Wajah dengan Masker Alpukat Madu
Alpukat kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat seperti melindungi kulit dari efek radiasi sinar matahari, alpukat juga sangat baik digunakan sebagai pelembab dan penghalus kulit, jika digunakan bersama madu sebagai aplikasi masker pemutih dan pencerah wajah, tentu hasilnya semakin maksimal. Berikut cara membuat masker alpukat dan madu:
  1. Ambil daging atau isi buah alpukat menggunakan sendok, masukkan kewadah, selanjutnya haluskan daging aplukat dengan dicampur 1 sendok makan madu atau bisa juga dengan perasan lemon.
  2. Oleskan merata pada kulit wajah dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bilas menggunakan air hangat, jangan lupa keringkan.
  3. Perawatan ini dapat dilakukan 2 hingga 3 kali setiap minggu untuk hasil yang optimal.
10. Cara Mencerahkan Wajah dengan Tomat
Anda gemar makan tomat? Siapa sangka, tomat yang biasa kita temui di dapur ternyata menyimpan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat, hebat bukan? Senyawa yang dikenal dengan Lycopene merupakan jenis antioksidan alami yang terbukti mampu menangkal radikal-radikal bebas dan memproteksi kulit dari radiasi sinar matahari, bahkan lycopene juga mampu memberi nutrisi dan mencerahkan kulit, termasuk kulit wajah. Untuk penggunaannya dapat dibuat menjadi masker, berikut caranya:
  1. Haluskan tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan langsung merata pad akulit wajah, diamkan sebentar kurang lebih 15 menit
  3. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.
11. Cara Memutihkan Kulit dengan Bengkoang
Bengkoang sudah terkenal sebagai agen bleaching berkat kandungan vitamin C dan B1 yang berfungsi sebagai pemutih dan pencerah kulit wajah alami. Tentu Anda tidak heran lagi kalau banyak produk kecantikan kulit menggunakan bengkoang sebagai komposisi utamanya. Berikut cara menggunakan bengkoang untuk pemutih dan pencerah kulit muka:
  1. Cuci bersih bengkoang dan kupas semua kulitnya
  2. Parut atau blender bengkoang, dan pastikan benar-benar halus
  3. Peras dan saring semua sarinya
  4. Biarkan beberapa waktu sampai berbentuk endapan
  5. Gunakan endapan tersebut sebagai masker merata pda kulit wajah
  6. Diamkan kurang lebih 15 menit sampai maskernya mongering
  7. Bilas dengan air bersih dan keringkan
  8. Lakukan perawatan secara teratur 2 kali setiap minggu
Untuk hasil yang lebih makasimal, sebaiknya lakukan beberapa kebiasaan berikut ini:
  • Bersihkan secara teratur, lakukan peeling 2 hingga 3 kali seminggu untuk membersihkan dan mengangkat sisa-sisa kulit mati.
  • Gunakan Pelembab wajah, mengapa demikian? Dengan menggunakan pelembab akan menjaga kulit tetap sehat dan meminimalisir timbulnya sel kulit mati, menggunakan pelembab wajah akan menghambat terjadinya penuaan pada kulit Anda.
  • Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, karena memicu terbentuknya melanin yang akan membuat kulit Anda menjadi gelap dan hitam. Selain itu sinar matahari yang berlebihan ( antara pukul 11 hingga pukul 2 siang ) bisa menimbulkan masalah pada kulit termasuk risiko terkena kanker kulit, kalaupun terpaksa sebaiknya gunakan sunblock atau tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan langsung sinar matahari saat berada di luar ruangan.
  • Komsumsi air putih yang cukup, ini berguna untuk detoksifikasi atau membuang racun-racun dari dalam tubuh dan akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan segar.
  • Istirahat yang cukup dan hindari begadang, karena dengan isirahat yang cukup  akan mengembalikan fungsi dan system tubuh kembali optimal, jangan banyak begadang karena bisa berakibat kulit menjadi semakin kusam.
  • Jauhi Stres, Tahukah Anda bahwa stress diyakini sebagai salah faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Luangkan waktu untuk beristirahatm refresing bersama keluarga.
  • Lakukan Olahraga Teratur, dengan aktifitas fisik yang teratur atau olahraga ringans ecara regular akan membuat Anda semakin sehat dan membantu peredaran oksigen keseluruh tubuh semakin lancer, termasuk ke kulit. Coba lakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan santai di pagi hari minimal 15 menit sehari, rutin 3 kali dalam seminggu.
Cukup mudah bukan mendapatkan kulit wajah yang putih, cerah dan berseri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh, asal saja Anda melakukannya dengan tekun dan penuh kesabaran. Lakukan sekarang untuk kulit putihmu !
Advertisement