Dermatitis Kontak Toksik

RADANG KULIT - Dermatitis Kontak Toksik adalah suatu peradangan kulit karena kulit berinteraksi langsung dengan bahan-bahan kimia seperti  asam, basa kuat, atau pelarut organik. Reaksi dermatitis tergantung pada iritannya. Bila iritan kuat akan terjadi dermatitis akut pada pajanan pertama sedangkan pada iritan lemah akan terjadi dermatitis kronis setelah beberapa kali pajanan. Penyakit ini akan disertai beberapa gejala, seperti rasa panas terbakar atau rasa nyeri.

Dermatitis Kontak Toksik

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada jenis zat yang menimbulkan iritasi. Apabila karena asam kuat, tindakan dapat berupa pencucian dengan air, kemudian basa, dan natrium bikarbonat. Setelah dicuci diberi salep atau krim kortikosteroid seperti prednison 20 mg/hari selama 3 hari. Bila gatal dapat diberikan antihistamin.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Sebaiknya hindari sumber tksik atau zat-zat yang dapat menimbulkan iritasi. Dianjurkan menggunakans personal safety device ( PSD ) seperti sarung tangan, krim barrier, dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel