Mengenal Jenis Kanker Kulit dan Penyebabnya

Mengenal Jenis Kanker Kulit dan Penyebabnya
Mengenal Jenis Kanker Kulit dan Penyebabnya - Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum terjadi, khususnya di Amerika Serikat. Kanker ini merupakan tipe kanker yang paling berhasil ditangani. Pemajanan terhadap sinar matahari adalah penyebab utama; insidennya berhubungan dengan jumlah keseluruhan pemajanan terhadap sinar matahari.

Mereka yang berisiko tinggi adalah orang yang berambut pirang, bermata biru, rambut kemerahan dari suku Celtoc atau orang-orang dengan corak kulit kemerahan atau berkulit terang. Lainnya yang juga berisiko adalah pekerja di luar rumah, lansia dengan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Pekerja yang terpajan dengan preparat kimiawi ( mis,: arsenik, koal, tar ); kondisi yang menyebabkan jaringan parut atau iritasi kronis mungkin juga mengarah pada kanker kulit.

Faktor-faktor genetik juga mempunyai peranan. Jenis-jenis kanker kulit adalah (1) Karsinoma sel Basal ( KSB ) timbul dari lapisan sel basal epidermis atau folikel rambut; yang paling umum dan jarang mermetastasis; kekambuhan umum terjadi. (2) Karsinoma Sel Skuamosa ( KSS ), proliferasi malignan yang timbul dari epidermis; karsinoma invasif.

Gejala Umum Kanker Kulit

  • KSB : Umumnya tampak pada area tubuh yang terpajan sinar matahari; tampak sebagai nodul kecil seperti berlilin dengan batas bulat seperti mutiara translusen; mungkin terdapat pembuluh telangiektatik. Lesi lainnya mungkin tampak sebagai plak mengkilap, datar, abu-abu atau kekuningan.
  • KSS : biasanya tampak pada kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari : dapat timbul dari kulit yang normal atau lesi yang sudah ada sebelumnya. Tampak sebagai tumor kulit yang kasar dan mengalami penebalan; asimtomatik dan mungkin juga terjadi perdarahan. Untuk menegakkan diagnosis kanker kulit biasanya dilakukan pemeriksaan histologis dan biopsi.

Penatalaksanaan Kanker Kulit

Tujuan dari pengobatan adalah untuk mengeradikasi atau menghancurkan keseluruhan tumor.  Metode pengobatan tergantung pada lokasi tumor, tipe sel, keinginan kosmetik, riwayat pengobatan terdahulu, apakah tumornya invasif atau bukan, dan adanya nodus metastasis.
Kemungkinan metode pengobatan adalah eksisi, pembedahan mikrografik, kriosurgeri, dan terapi radiasi.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan seputar kanker kulit, jenis, penyebab dan cara penatalaksanaannya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Baca juga : Apa Itu Impetigo ?.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel